Resep dan Cara Membuat Ayam Penyet Presto Lezat Lunak dan Gurih

Posted on

16BedahResep.com – Anda menyukai menu masakan olahan ayam negeri ataupun kampung?. Jika ya, sudah seharusnya anda mencoba jenis masakan ayam penyet presto yang memiliki tekstur lembut dan tulang yang lunak serta gurih. Saat ini banyak sekali restoran yang menyediakan berbagai menu masakan mengenai ayam kampung atau ayam negeri dengan berbagai macam pengolahannya. Salah satu yang bisa anda buktikan ialah terlihat jelas bahwa di setiap jalan atau setiap daerah sudah terdapat warung makan, rumah makan, bahkan restoran yang menampilkan ciri khas menu andalan mereka seperti ayam penyet, ayam kremes, ayam bakar dll nya.

Untuk anda yang menyukai menu olahan ayam, namun bosan akan rasa yang begitu-begitu saja setiap harinya, anda bisa mencoba resep dan cara membuat ayam penyet presto yang sudah tak diragukan lagi kelembutan daging ayamnya. Pengolahan untuk ayam penyet presto inipun terbilang mudah sekali, anda juga bisa menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya dengan potongan yang tidak terlalu kecil.

Bosan dengan menu makanan yang seperti itu saja, dan dengan rasa yang begitu saja?. Kini anda bisa melakukan pembuatan menu makanan ayam sendiri dirumah dengan bantuan resep ayam penyet presto tentunya, beberala langkah cara membuatnya adalah sebagai berikut ;

  • Potong ayam dan cuci hingga bersih. Langkah yang pertama kali bisa anda lakukan ialah dengan memotong ayam menjadi dua atau empat bagian, kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu, haluskan bumbu dapur seperti bawang putih, kemiri dan garam untuk dilumuri kebagian tubuh ayam yang sudah bersih tersebut. Untuk perkiraan bahan-bahan bumbu, anda bisa menggunakan insting agar tidak kebanyakan disesuaikan dengan porsi anda sendiri.
  • Setelah dilumuri bumbu halus tersebut, rebus air dengan ukuran seperempat panci presto dan tambahkan kira-kira 1 Ltr air kelapa supaya ayam empuk dan lunak. Jangan lupa untuk memasukan daun salam, daun jeruk dan lengkuas beberapa siung kedalamnya dan diamkan beberapa saat.
  • Setelah menunggu dalam waktu 30 menit, langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan ialah dengan memasukan air perasan kelapa ke dalam panci presto tersebut, tutup dan diamkan hingga 15-20 menit lamanya. Lakukan hal serupa, ketika air dalam panci sudah mulai berukurang.
  • Jika sudah demikian, maka selanjutnya anda bisa meniriskan ayam presto terlebih dahulu sebelum di goreng dengan menggunakan minyak panas.
  • Langkah terakhir yang bisa anda lakukan ialah goreng ayam tersebut hingga berubah warna kecoklatan.

Resep dan Cara Membuat Ayam Penyet Presto Lezat Lunak dan Gurih

[Baca juga >> Resep Martabak Mini]

Setelah ayam selesai, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan ialah melakukan pembuatan sambal dengan ciri khas yang berbeda dan rasa pedas yang menggelagar. Beberapa bahan yang bisa anda pakai adalah cabai rawit, cabai merah, bawang merah, tomat dan daun jeruk. Beberapa bahan ini sebaiknya anda goreng terlebih dahulu, kemudian anda ulek hingga halus dan berikan kemangi diatasnya sebagai salah satu unsur rasa yang berbeda. Selamat mencoba resep dan cara membuat ayam penyet presto dengan tulang lunak, lezat dan gurih ini.

Pencarian Terkait:

ayam penyet, resep ayam penyet presto, cara membuat ayam penyet tulang lunak, ayam peyet presto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *