Resep Mie Kopyok Khas Kota Semarang

Posted on

BedahResep.com – Memasak mie yang biasa tentunya sudah sering anda lakukan. Namun kali ini anda harus mencoba resep mie kopyok yang merupakan salah satu makanan khas Semarang. Mie ini memang tak seperti mie pada umumnya. Meski secara tampilan seringkali anda tertipu dengan kemiripan mie ini dan masakan tahu gecot.

Mie kopyok ini sebenarnya menggunakan bahan-bahan pembuatan mie pada umumnya. Terlebih untuk bumbu kuahnya pun tak jauh beda. Namun terdapat perbedaan yang paling mendasar mengenai mie ini. Yakni nama mienya sendiri adalah lomi. Untuk nama kopyok sendiri memang diambil dari cara pengambilannya yang menggunakan panci kecil disertai gagang, kemudian di kocok-kocok untuk ditiriskan airnya. Itulah alasan dinamai mie kopyok.

Selain itu ada pula yang menganggap bahwa mie ini terlalu bermacam-macam isinya, sehingga nama kopyok ini pun dianggap sudah sesuai. Untuk mengetahui resep mie kopyok beserta cara pembuatannya, bisa anda lakukan sendiri di rumah. Terlebih untuk mie ini merupakan makanan yang bisa dimasak oleh siapa saja.

Jadi tak sulit untuk mengolah mie ini menjadi sesuatu yang cukup lain. Seperti yang telah dikatakan, dalam satu porsi mie kopyok ini, terdapat bermacam-macam isi yang berupa lontong, lomi, kerupuk, toge. Langsung saja, mengenai cara pembuatan mie kopyok ini antara lain:

  • Siapkan lomi, kemudian pastikan untuk air panasnya pun telah siap.
  • Siapkan lontong yang dipotong menjadi bagian kecil-kecil.
  • Bahan lain berupa toge, bawang merah, bawang putih, juga jangan lupa cuci bersih.
  • Pembutannya kemudian panaskan kuah, dalam kuah tambahkan bawang merah, bawang putih, kaldu ayam, garam dan merica. Tentu dihaluskan dulu bumbu-bumbu tersebut.
  • Kemudian masukan mie dalam kuah tersebut. Tak perlu terlalu lama, untuk kuah yang sudah mendidih, maka cukup 3 menit saja.
  • Siapkan potongan lontong, toge, potongan tahu di piring yang telah disediakan.
  • Siramkan lomi beserta kuah kaldunya. Tambahkan irisan bawang merah, kerupuk gendar, dan kecap manis, mie kopyok siap dinikmati.

Resep Mie Kopyok

Mie yang telah siap tentunya nyaman untuk dinikmati. Kuah kaldunya menjadi ciri khas dari mie kopyok ini. Ditambah lagi untuk bumbu-bumbunya akan menjadikan mie ini semakin kaya akan cita rasa bumbu. Cocok untuk disantap siang hari, terlebih jika dinikmati saat mie masih dalam keadaan hangat. Karena siraman kuah kaldunya akan membuat mie menjadi lebih harum.

Potongan kerupuk gendar menjadikan resep mie kopyok semakin lengkap saja. Terlebih ketika digigit maka akan bunyi suara keruyuk dari kerupuk gendar khas kota ini juga. Untuk isi yang lainnya tinggal tambahkan sesuai selera. Jika anda suka pedas, maka bisa pula ditambahkan sambel sebagai pelengkap yang nikmat.

Pencarian Terkait:

resep mie kopyok, mie kopyok, resep mie kopyok jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *