Resep Pepes Ayam Khas Sunda, Lembut dan Gurih di Gigitan Pertama

Posted on

BedahResep.com – Apabila Anda mulai bosan dengan makanan berbahan dasar ayam yang begitu-begitu saja, sudah saatnya Anda mengganti menu tersebut dengan menu baru. Salah satunya adalah resep pepes ayam khas Sunda yang akan penulis berikan di artikel berikut ini.

Memang, pepes menjadi salah satu ‘pelarian’ dari makanan-makanan berbahan dasar sama yang biasanya lebih mudah ditemukan dengan menggoreng, mengukus, merebus, ataupun teknik pengolahan bahan makanan yang lainnya. Selain mudah, pepes pun dapat meningkatkan rasa dan aroma khas dari makana tersebut karena mengalami proses pengukusan, bukannya penggorengan, sehingga timbul aroma khas yang kuat. Tentu saja, hal ini akan berujung pada kenikmatan seseorang ketika mengonsumsi dan menggigitnya dari gigitan pertama, bukan?

Memasak pepes ala resep pepes ayam khas Sunda buatan rumahan sebetulnya tidak sulit. Anda hanya memerlukan sedikit keterampilan saja dalam menakar bahan dan bumbu yang akan digunakan, serta keterampilan dalam melipat daun pisang atau daun lainnya yang digunakan sebagai pembungkus.

Alih-alih berhasil membentuk pepes ayam yang sempurna dan dapat dimakan, apabila salah teknik dalam membungkus, adonan pepes ayam Anda justru akan lembek dan tidak masak secara sempurna di setiap bagian. Lebih buruk lagi, adonan pepes tersebut dapat tumpah, melewati sela-sela lipatan daun yang tidak tertutup sempurna. Nah, kalau sudah begitu, kira-kira hal apa yang dapat Anda peroleh selain menyesal dan kecewa karena hasil pepes Anda belum maksimal?

Resep Pepes Ayam Khas Sunda

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, berdasarkan resep pepes ayam khas Sunda ini, terdapat beberapa langkah praktis yang dapat Anda lakukan untuk membuat pepes ayam ala rumahan di rumah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Rebus dan potong kecil-kecil ayam yang akan Anda pepes. Untuk memperkuat rasa dan aroma dari pepes nantinya, akan lebih baik lagi apabila Anda merebus daging ayam tersebut dengan menambahkan bumbu penyedap yang telah Anda buat.
  • Setelah direbus, masukkan potongan daging ayam tersebut ke dalam adonan tahu putih yang telah dihancurkan.
  • Menambahkan bumbu-bumbu pelengkap khas pepes ayam yang mampu membangkitkan air liur. Aduk hingga merata dan pastikan bahwa bumbu tersebut meresap dengan sempurna.
  • Tuang adonan tersebut ke atas pelapis, misalnya daun pisang, secara hati-hati. Tips untuk menghindari tumpahnya adonan, Anda dapat meniriskan airnya terlebih dahulu.
  • Rebus selama 15 menit, menyesuaikan dengan bahan pepes yang Anda gunakan.

Selanjutnya, segera angkat pepes ayam ala buatan rumah ini, menyesuaikan dengan resep pepes ayam khas Sunda yang terlihat menggiurkan. Sebagai pelengkap, tambahkan sayur lalapan, sambal bawang, dan nasi hangat untuk kenikmatan yang maksimal. Jadi, sudah siap untuk mencoba pepes ayam ini? Segera terjun langsung ke dapur, dan sulap bahan makanan mentah ini menjadi menu pepes ayam yang super spesial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *