Resep Rujak Juhi Yang Paling Segar

Posted on

BedahResep.com – Makan rujak, tentu menjadi kebiasaan beberapa daerah di Indonesia yang biasanya memiliki rujak khasnya. Untuk rujak juga bisa termasuk ke dalam salah satu makanan khas di Indonesia. Beberapa daerah memiliki ciri khas rujak tersendiri yang berbeda dengan daerah lainnya.

Namun memang, untuk paling banyak resep rujak yang terkenal yakni rujak yang dibuat dengan irisan buah kemudian dilumuri bumbu kacang yang pedas. Selain rujak yang biasa kita makan, terdapat resep rujak juhi yang sebenarnya merupakan salah satu makanan khas Betawi. Rujak ini dari namanya tentu terdengar asing. Namun anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri, mengenai rasa dari rujak juhi ini.

Mengenai nama juhi sendiri sebenarnya adalah sebutan untuk cumi-cumi yang telah dikeringkan. Biasanya dalam resep rujak juhi ini, cumi yang telah dikeringkan ini tentunya juga sudah matang jadi tinggal disuwir-suwir atau dengan kata lain cumi dibuat menjadi bentuk yang tipis-tipis.

Untuk bahan-bahan lain dalam membuat rujak ini tentunya mudah untuk didapatkan. Jadi setiap orang bisa membuatnya sendiri dan mempraktikan sendiri cara membuat rujak juhi ini. Meskipun penyebutan juhi ini sedikit kurang familiar untuk orang-orang yang biasa menyebut cumi, namun tak masalah, karena sekarang juhi sudah mulai populer dikenal dalam masakan rujak. Bahan-bahan dan cara pembuatannya antara lain:

  • Untuk bagian isi, bisa berupa kentang rebus yang telah dipotong kotak kecil-kecil, kemudian ada kol atau kubis, mentimun yang dipotong kecil, daun selada mi basah.
  • Kemudian untuk cuminya sendiri tentu telah siap disuwir-suwir dibagian atas bahan-bahan yang telah dicampurkan tadi.
  • Untuk yang selanjutnya, siapkan bumbu kacang yang akan melumuri rujak juhi ini.
  • Bumbu kacangnya sendiri berisi kacang yang telah digoreng, cabai secukupnya, garam, gula dan bawang putih. Haluskan hingga tercampur semua, dan tambahkan sedikit air asam jawa ke dalam bumbu yang telah dihaluskan. Kemudian siram di bagian atas isi dari rujak.
  • Tak lupa sebagai pelengkap yang tak boleh dilewatkan yakni kerupuk atau bisa juga kerupuk mi. Tentunya dengan ditambahnya kerupuk akan semakin menambah selera bagi penikmat rujak juhi ini.

Resep Rujak Juhi

Satu porsinya sendiri memang cukup banyak. Sama halnya dengan satu porsi makanan besar. Biasanya rujak ini memang bisa dimakan pada saat makan siang. Banyak orang mencari-cari rujak juhi untuk santap siang mereka.

Tentunya, selain menyehatkan badan, resep rujak juhi juga bermanfaat untuk menyajikan makanan sehat dengan cara yang sederhana. Terlebih untuk cumi keringnya banyak sekali mengandung protein. Selain itu juga bisa membuat anda mengonsumsi makanan yang seimbang. Karena rujak ini, selain terdapat juhi sebagai bahan utamanya, juga terdapat pula sayuran serta bisa juga ditambah lontong sayur agar semaki mengenyangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *